POST DETAIL

Senin, 28 September 2015 - 20:30

Lima Jajanan Es Tradisional yang Bikin Kangen

Matawanita.com - TAK hanya makanan ringan saja yang kerap dirindukan para penikmatnya. Berbagai Jajanan es tempo dulu, terkadang bisa bangkitkan memori untuk bernostagia.

Berikut lima jajanan es yang kerap bikin kangen, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Senin (28/9/2015).

Es serut cetak

Semasa kecil, es ini sering kali dijajakan di depan sekolah dasar (SD). Cara membuatnya cukup simpel, hanya membutuhkan es batu yang diserut, kemudian dicetak dalam mangkuk atau cetakan bergambar dan ditancapkan tusuk bambu. Kemudian es ini digenggam dan dilumuri sirup beragam rasa dan warna.

Cara mengonsumsinya pun cukup unik, Anda hanya perlu menghisap habis sirup manis yang terdapat di dalam esnya. Rasanya bagaimana? Tentu saja segar, manis dan bikin nagih. Namun sayang, saat ini es serut cetak sulit sekali ditemukan.

Es goyobod

Es goyobod merupakan salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat. Es ini terbuat dari tepung hunkwe yang dipotong kubus, teksturnya kenyal dan dicampur santan dan gula. Biasanya, es goyobod dilengkapi dengan alpukat, pacar cina, kolang-kaling, roti tawar dan peuyeum (tape). Es goyobod sudah populer sejak zaman dulu dan nampaknya minuman tradisional ini selalu jadi hidangan untuk bernostalgia.

Es potong

Es ini bentuknya mirip sekali dengan es goyang, hanya saja bentuknya silinder dan membuatnya hanya didinginkan dalam plastik. Sama seperti namanya, es ini dipotong lebih dulu sebelum dinikmati, karena ukuran aslinya panjang dan harus dipotong dan biasanya ditusuk dengan lidi. Umumnya, es potong memiliki beberapa rasa, yakni stroberi, cokelat, dan pandan.

Limun sarsaparilla

Limun sarsaparilla atau biasa dikenal sebagai minuman cola ala Jawa ini sangat populer di Jawa Tengah, khususnya Yogyakarta. Minuman ini punya rasa yang mirip dengan cola dengan kandungan karbonasi, namun ada sensasi rasa rempah lantaran dibuat dengan cara tradisional. Minuman ini populer di era 50-an hingga 70-an dan hingga kini sangat sulit ditemukan. Limun sarsaparilla paling nikmat disantap dalam keadaan dingin.

Es selendang mayang

Khususnya masyarakat Betawi pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman menyegarkan satu ini. Es selendang mayang, saat ini sulit sekali ditemukan, bahkan hanya ada di kawasan Kota Tua, Jakarta atau biasanya tak pernah absen di festival budaya Betawi.

Bahan utama es selendang mayang terbuat dari tepung sagu dan tepung beras yang dibuat seperti hunkwe dan disiram dengan kuah santan dan gula manis. Biasanya es selendang mayang berwarna hijau dan merah yang konon mengingatkan pada warna selendang. [tm]

MOST POPULAR