POST DETAIL

Senin, 28 September 2015 - 18:00

Berburu Es Goyang, Jajanan Tempo Dulu

Matawanita.com - JIKA Anda adalah generasi ‘90-an pasti merasakan sensasi menikmati jajanan yang banyak dijual di pinggir jalan. Mulai dari es potong, telur gulung, agar-agar hingga es potong.

Sekarang jajanan ini mulai sulit ditemukan karena pedagangnya mulai beralih menjadi penjual makanan lain. Salah satu jajanan tempo dulu yang masih banyak dicari adalah es goyang. Es sederhana dengan tangkai kayu ini ternyata masih banyak penggemarnya.

Es sederhana ini terbuat dari campuran santan dan perasa alami. Kemudian adonan es dituang ke dalam cetakan dan diberi gagang sebatang stik kayu. Sesuai dengan namanya, es goyang dibuat dengan cara menggoyang-goyangkan gerobak khasnya. Cara ini dilakukan agar adonan es bisa mengeras.

Setelah dirasa cukup keras, kemudian es dikeluarkan dari cetakan. Sebagai pelengkap, es goyang ini dicelupkan ke dalam cokelat cair dan dibalut dengan cincangan kacang tanah. Sebatang es goyang ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp2.500.

Menyantap es goyang ini dt engah keramaian dan teriknya matahari pasti mengembalikan nostalgia Anda akan kenangan tempo dulu yang terasa manis dan menyenangkan.

Rindu dengan rasa es goyang yang dingin-dingin segar? Anda bisa mendatangi kawasan Masjid Cut Mutia di Menteng Jakarta Pusat. Pasalnya setiap jumat siang di kawasan masjid ini selalu dipadati pedagang yang menjajakan berbagai makanan, termasuk salah satunya es goyang. [tm]

MOST POPULAR