POST DETAIL

Jumat, 18 September 2015 - 16:15

Ini yang Bikin Bandeng Presto Semarang Spesial

MataWanita.com - BANYAK orang segan makan ikan bandeng karena durinya yang banyak. Tapi ini tidak akan Anda temui ketika menyantap bandeng khas Semarang.

Ikan air tawar ini banyak dibudidayakan dalam tambak di Semarang. Saking banyaknya produksi ikan bandeng, masyarakat kerap menjadikannya olahan masakan yang lezat. Sebelum dibuat masakan, bandeng terlebih dulu dipresto agar duri ikan bisa lunak.

Ikan bandeng semarang memiliki beberapa keunggulan yang tak dimiliki ikan bandeng dari daerah lain. "Bandeng sini lebih besar ukurannya, dagingnya jadi tebal," kata Eko, penjual oleh-oleh bandeng presto yang ditemui di sekitar Stasiun Semarang.

Selain dari ukurannya yang lebih besar, tekstur daging ikan juga lebih kenyal namun lembut. "Bandeng sini tidak mudah hancur, memang dipresto agar tulangnya lunak tapi dagingnya tetap tidak hancur," tambahnya.

Bandeng presto juga dikenal sebagai makanan olahan khas Semarang yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh saat wisatawan berkunjung ke ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini. [end/okz]

MOST POPULAR