POST DETAIL

Kamis, 17 September 2015 - 15:15

Cara Mengatasi Mata Perih Saat Memotong Bawang

MataWanita.com - Banyak yang merasakan pedihnya mata saat mengiris bawang khususnya bawang merah dan bawang bombay. Untuk menghindari perihnya mata, banyak yang menyiasatinya dengan menggunakan kacamata besar atau googles.

Nah, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mata perih saat mengiris bawang.

1. Menggunakan kacamata
Akar di bagian bawah bawang mengandung enzim yang dilepaskan ketika Anda memotongnya. Bila terkena udara, enzim kemudian bereaksi satu sama lain untuk membentuk tetesan halus dari asal sulfat. Uap inilah yang mengganggu mata, mendorong saluran air mata untuk memproduksi air mata. Untuk menghindarinya, bisa memblokir asam mencapai mata dengan memakai kacamata.

2. Membekukan bawang
Masukkan bawang ke dalam freezer selama kurang lebih 15 menit sebelum mengirisnya. Sel bawang dingin lebih lambat untuk bereaksi, itu berarti mereka melepaskan enzim yang sedikir sehingga air mata yang menetes pun sedikit. Dengan cara ini, bau bawang juga berkurang. Sebelum diolah atau dimasak, tunggu hingga kadar dinginnya berkurang.

3. Menarik napas dalam-dalam
Bernapas melalui mulut dan menjulurkan lidah Anda keluar bisa menjadi cara untuk mengurangi rasa pedih di mata. Uap bawang membuat Anda menangis ketika mereka bereaksi dengan air pada permukaan bola mata. Sehingga, dengan menangkap air di lidah Anda, maka uap tidak akan mencapai mata. 

4. Perasan jeruk lemon
Peras jeruk lemon pada talenan Anda. Asam sitrat dalam lemon menetralkan enzim bawang. Memang masih akan terasa sedikit perih namun tidak akan membuat air mata menetes.

5. Potong bagian akar
Buang bagian akar bawang saat Anda memotongnya. Enzim air mata merangsang terkonsentrasi di akar, sehingga itu akan mencegah pelepasan semua uap berbahaya. Koki profesional percaya metode ini dapat mengurangi rasa perih pada mata. [end/met]

MOST POPULAR