POST DETAIL

Rabu, 16 September 2015 - 16:00

Lezatnya Lupis Jajanan Tradisional dari Ketan

MataWanita.com - PERNAH mencicipi sajian tradisional yang disebut lupis? Salah satu jajanan pasar ini memang cukup populer. Hampir disetiap daerah, khususnya di wilayah Jawa, jajanan yang terbuat dari ketan ini kerap digemari banyak kalangan.

Lupis atau kue lupis ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan daun pisang. Sepintas mirip sekali dengan lontong, tapi jelas berbeda. Dari teksturnya, kue lupis ini lebih padat dan kenyal.

Cara menyantap lupis juga terbilang sangat khas. Karena ada beberapa paduan lain yang memang cocok disantap bersama kue lupis ini. Seperti parutan kelapa dan juga gula aren kental.

Lupis ketan ini biasa dinikmati saat acara tertentu dan kerap dijadikan sebagai camilan atau hidangan pembuka. Lupis ini nikmat juga disantap sebagai sarapan atau camilan pagi hari. Lupis enak juga dijadikan sebagai teman minum teh saat bersantai sore hari.

Cita rasa unik, yakni manis gula aren, berpadu dengan gurihnya parutan kelapa dan aroma daun pisang yang terdapat pada lupis ini merupakan salah satu daya tariknya.

Biasanya lupis tak pernah absen dan selalu tersedia di pasar tradisional. [end/okz]

MOST POPULAR