POST DETAIL

Jumat, 11 September 2015 - 16:30

Sambal Roa, si Pedas dari Sulawesi Utara

MataWanita.com - SELAIN makanan tradsionalnya yang beragam, makanan pelengkap di Indonesia juga memiliki ciri khas tersendiri. Sebut saja sambal, hampir setiap daerah memiliki sambal khasnya.

Sambal terasi ala Sunda, sambal dabu dabu dari Makasar, atau sambal matah khas Bali memiliki ciri khas tersendiri yang telah diketahui banyak orang. Satu lagi sambal khas daerah yang patut Anda cicipi, yakni sambal roa.

Orang mengenal sambal roa karena cita rasanya yang pedas gurih. Sambal ini aslinya berasal Manado dan tak sulit menemukan sambal roa di Sulawesi Utara. Bahkan kini sambal roa sudah banyak tersebar hampir di seluruh nusantara.

Sesuai dengan namanya, sambal roa tentu saja dibuat dengan campuran ikan roa di dalamnya. Ikan laut yang banyak ditemui di perairan laut utara Sulawesi sampai kepulauan maluku ini memang sudah lama dijadikan bahan olahan masakan oleh masyarakat Sulawesi, salah satunya dengan dibuat sambal roa.

Cara pembuatan sambal roa tidak langsung menggunakan ikan roa segar, melainkan menggunakan ikan roa kering yang sudah diasap. Ikan roa asap ini kemudian disuwir-suwir hingga menjadi potongan halus kemudian dicampur dengan bahan sambal yang antara lain cabai, bawang merah, bawang putih dan garam. Setelah sambal sudah tercampur rata maka proses terakhir adalah dengan menumisnya hingga harum dan matang.

Rasa pedas dari sambal ini memang tidak terlalu, tetapi paduan gurih dari ikan roa sangat terasa kuat. Sambal ini cocok dinikmati bersama sayuran segar ala lalap atau bersama masakan Sulawesi lain seperti atam gagape atau kepiting lada hitam. Bahkan dinikmati bersama nasi putih hangat pun rasanya sudah juara. [end/okz]

MOST POPULAR