POST DETAIL

Rabu, 9 September 2015 - 10:35

5 Fakta Unik Gelato

Matawanita.com - Siang hari yang panas paling enak mencicipi aneka minuman dingin, Ladies. Ada berbagai macam minuman dingin yang segar, seperti jus, es krim maupun gelato. Ngomong-ngomong soal gelato, akhir-akhir ini banyak orang orang yang membicarakannya. Memangnya apa sih gelato itu?

Minuman ini berasal dari Italia dan bentuknya hampir menyerupai es krim. Jika orang tidak tahu, sepintas memang memiliki kesamaan dengan es krim. Tapi, sebenarnya keduanya sangatlah berbeda, lho. Simak fakta unik tentang gelato berikut ini, yuk!

Kandungan Lemak Rendah
Jika Anda sedang menjalankan program diet, mencicipi gelato tidak akan membuat berat badan bertambah. Sajian ini memiliki kandungan lemak rendah, bahkan jumlah kalsiumnya sangat tinggi. Bila es krim dibuat dengan kuning telur dan krim, lain halnya dengan gelato. Sebagian besar bahan dari minuman ini adalah susu, dan sedikit krim. Selain menyegarkan, menyehatkan pula!

Memiliki Rasa Yang Lembut
Beberapa orang berpendapat bahwa rasa gelato akan mudah hilang. Memang benar, sebab, minuman sebagian besar bahannya adalah susu, sehingga menyebabkan rasanya lembut dan lebih mudah hilang dilidah. Dengan rasa yang lebih hilang itulah, es ini membuat orang ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi.

Dibuat Dengan Suhu Yang Sangat Rendah
Tahukah Anda bila gelato dibuat dengan suhu yang teramat rendah. Hal ini dimaksudkan agar kelembutan tekstur dan rasanya benar-benar terjaga. Minuman ini tidak mementingkan pengkristalan, tetapi yang terpenting adalah rasa yang lembut.

Lebih Mudah Mencair
Pembuatan dengan suhu yang rendah dan bahan yang mengutamakan susu, membuat sajian khas Italia ini mudah mencair. Hal tersebut menandakan bahwa minuman ini memiliki kualitas kelembutan yang baik.

Dibuat Dengan Mesin Khusus
Pembuatan gelato berbeda dengan pembuatan es krim. Minuman ini dibuat dengan mesin khusus dan tidak bisa diolah secara manual. Namun, ada beberapa gelato yang diolah dengan menggunakan teknik molecular gastronomi, yaitu penggabungan antara bidang kuliner dengan ilmu sains.

Menarik bukan fakta mengenai gelato tersebut, Ladies? Setelah tahu keunikannya, let’s grab it fast![tm]

MOST POPULAR