POST DETAIL

Selasa, 8 September 2015 - 17:00

Ikan Paling Enak untuk Dibuat Pempek

MataWanita.com - PEMPEK adalah salah satu makanan asli Indonesia yang banyak disukai karena rasanya yang segar dan gurih hasil perpaduan kuah dengan pempek yang terbuat dari ikan. Banyak dari kita yang mengenal pempek terbuat dari ikan tenggiri.

Berikut ikan yang paling enak untuk dijadikan pempek.

1. Ikan Belida

Sebenarnya ikan inilah yang pada awalnya merupakan bahan utama pempek. Namun karena mutu sungai yang semakin buruk sehingga habitatnya kian lama kian rusak, ikan ini pun menjadi jarang ditemui. Nama belida memang diambil dari nama salah satu sungai di Sumatera Selatan. Selain di Sumatera, jenis ikan satu ini juga dapat ditemui di Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaysia. Ikan belida juga menjadi bahan baku kerupuk kemplang khas Palembang.

2. Ikan Gabus

Ikan yang juga hidup di air tawar ini memiliki kandungan albumin, salah satu jenis protein yang tinggi dan berfungsi baik untuk penyembuhan luka. Nilai ekonominya juga cukup bagus. Di wilayah seperti Sumatera dan Kalimantan, ikan gabus kerap diasinkan sebelum menjadi bahan komoditi mahal.

3. Ikan Tenggiri

Meski ikan laut seringkali berbau amis ketika diolah menjadi pempek, namun tidak dengan ikan satu ini. Bahkan kini setelah ikan belida jarang ditemui, ikan tenggirilah yang sering diolah sebagai bahan utama pempek. Sudah tidak usah diragukan lagi kelezatan rasanya.

4. Ikan Kakap Merah

Meski ikan laut ini tidak segurih tenggiri ketika dipakai sebagai bahan pempek, namun kakap merah tak kalah sebagai bahan alternatif favorit. [end/okz]

MOST POPULAR