POST DETAIL

Senin, 7 September 2015 - 12:00

Alat Masak Tradisional yang Masih Digunakan

MataWanita.com - PERABOTAN dapur modern kini mudah ditemui. Kendati demikian, fungsi peralatan dapur tradisional tak dilupakan masyarakat Indonesia.

Hingga saat ini, banyak yang percaya jika memasak menggunakan peralatan tradisional, tentu dapat mempertahankan cita rasa makanan tersebut. Karena itu, penggunaan peralatan masak tradisional masih bertahan. Berikut ulasan lima alat masak tradisional yang masih digunakan masyarakat, sebagaimana disarikan dari berbagai sumber.

Anglo

Anglo merupakan alat dapur tradisional yang terbuat dari tanah liat. Alat ini digunakan untuk memasak dan terlihat seperti tungku, sedangkan untuk bahan bakarnya menggunakan arang. Meskipun sekarang mulai sedikit orang yang menggunakan, namun kebanyakan pedagang makanan masih banyak yang memakainya.

Menurut para pedagang, memasak menggunakan anglo bisa mempertahankan kelezatan dan cita rasa yang menjadi ciri khas masakan itu sendiri.

Cobek atau ulekan

Hampir semua masyarakat Indonesia pasti memiliki cobek atau ulekan di dapurnya. Perabotan tradisional ini sangat dibutuhkan karena fungsinya sebagai penghalus aneka macam bumbu.

Cobek ada yang terbuat dari bahan kayu, tanah liat, atau batu. Mitos yang ada tentang cobek dari dulu hingga bertahan sampai sekarang adalah bumbu yang dihaluskan dengan cobek, maka cita rasa masakan terasa lebih nikmat dibandingkan blender atau food processor lainnya.

Talenan kayu

Versi modern, talenan kerap didesain dan terbuat dari bahan fiber atau plastik. Tapi, talenan dari bahan kayu juga tak kalah populer. Justru hampir tiap rumah memiliki alat seperti ini di dapur. Banyak yang percaya bahwa talenan kayu ini jauh lebih awet dan tidak mudah rusak.

Tumbu atau Keranjang bambu

Tumbu biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan seperti beras, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Tampah

Alat dapur tradisional ini biasanya terbuat dari anyaman bambu. Tampah memiliki kegunaan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat pada beras atau kacang-kacangan. Selain itu, tampah berfungsi menempatkan kue-kue tradisional atau tumpeng yang digunakan untuk acara adat tertentu. [end/okz]

MOST POPULAR