POST DETAIL

Senin, 24 Agustus 2015 - 13:30

Langkah Tepat Bikin Kentang Goreng Lezat

MataWanita.com - KENTANG goreng menjadi hidangan yang tak bisa dianggap remeh. Meski kerap tersaji sebagai makanan pendamping atau snack, kelezatan kentang goreng patut diperhitungkan.

Indikator kentang goreng lezat bisa dilihat dari lapisan luar kentang yang berwarna kuning keemasan dengan tekstur renyah namun terasa lembut dibagian dalamnya. Dilansir dari Thedailymeal, Senin (24/8/2015), berikut langkah tepat membuat kentang goreng agar rasanya lezat.

Pilih kentang

Bahan utama ketika hendak membuat kentang goreng tentu saja kentang itu sendiri. Pilih kentang yang usianya cukup matang. Kentang tua memiliki kandungan air yang lebih seikit sehingga membuat kentang goreng akan terasa lebih renyah, sebaliknya kentang yang berusia muda akan menghasilkan kentang goreng yang basah karena masih memiliki kandungan air yang cukup banyak. Kentang yang tua juga mengandung pati yang lebih banyak sehingga lebih terasa empuk ketika digoreng.

Pemilihan minyak

Sebagai media dalam proses menggoreng, minyak sangat diperlukan ketika membuat kentang goreng. Kentang harus digoreng dalam waktu cukup lama, oleh sebab itu pilihlah minyak dengan titik panas yang lebih tinggi. Minyak yang cepat panas akan cepat menjadi rusak dan ini mempengaruhi rasa dan tekstur dari kentang goreng. Minyak nabati menjadi jenis minyak yang paling cocok digunakan ketika menggoreng kentang.

Alat pengolahan

Siapkan alat pengolahan dekat dengan tempat dimana Anda ingin menggorengnya. Hal ini memudahkan Anda ketika hendak segera mengangkat kentang atau menggoreng yang baru. Alat seperti sutil, saringan minyak atau piring menjadi alat penting yang harus siap di sekitar Anda sebelum mulai proses menggoreng.

Menggoreng kentang

Proses menggoreng kentang menjadi penentu lezat atau tidaknya kentang goreng buatan Anda. Usahakan untuk menggunakan banyak minyak ketika menggoreng kentang. Kentang yang terendam minyak akan matang dengan merata dan memiliki tekstur yang sama antara kentang satu dengan lainnya. Sebelum memasukkan kentang ke dalam minyal, pastikan minyak sudah dalam keadaan panas. Jangan memasukkan kentang dalam jumlah terlalu banyak, perkirakan jumlah potongan kentang yang digoreng. Goreng kentang selama kurang lebih lima menit atau hingga berwarna kuning keemasan, setelah itu angkat dan segera tiriskan menggunakan saringan jaring, baru kemudian tiriskan kembali diatas tisu handuk agar kentang benar-benar kering.

Memberi bumbu

Jika ingin memberikan bumbu sebagai perasa, lakukan panambahan bumbu ketika kentang baru saja matang. Kentang yang selesai ditiriskan dan masih dalam keadaan hangat akan lebih mudakh meyerap bumbu. Jika hanya ingin memberikan rasa sederhana, bisa tambahkan garam dan merica bubuk. Ingin lebih kaya rasa? Beri campuran bubuk paprika, cabai bubuk atau bubuk lada hitam. Jika sudah diberi bumbu, sajikan kentang goreng segera. [end/okz]

MOST POPULAR