POST DETAIL

Kamis, 30 Juli 2015 - 15:30

Tips Pilih Jeruk Berkualitas Baik & Segar

MataWanita.com - TENTU Anda tak ingin bukan buah jeruk yang Anda beli ternyata tidak manis atau asam. Agar tak seperti membeli kucing dalam karung, berikut tips membeli buah jeruk yang manis lagi segar.

Musim jeruk di Indonesia terjadi pada periode Februari hingga September dan puncaknya bulan Mei, Juni dan Juli. Pada puncak musim panen jeruk ini, ketersediaan buah dengan rasa asam manis ini akan melimpah di pasaran.

Karena banyaknya buah jeruk yang tersedia, maka Anda harus pintar memilih jeruk berkualitas baik dan masih dalam keadaan segar. Tips memilih jeruk berkualitas baik dan segar.

Warna kulitnya mengilap

Buah jeruk yang memiliki kualitas baik dan segar punya permukaan kulit yang mengilap dan bersih. Mengilapnya kulit jeruk ini bisa dilihat jika terkena paparan sinar matahari atau cahaya lampu. Kulit jeruk yang mengilap ini bisa menjadi satu indikator penanda bahwa jeruk dalam keadaan segar dan dengan tingkat kematangan yang pas.

Pilih yang kulitnya halus

Selain kulit yang mengilap, tekstur kulit yang halus juga menjadi perhatian utama ketika hendak membeli buah jeruk. Kulit yang halus dan mulus menandakan jeruk sudah dalam keadaan matang. Untuk menentukan kulit halus ini, Anda harus merabanya. Jeruk dengan kulit yang kasar berarti belum matang dengan sempurna, jika tetap membelinya maka jangan heran jika jeruk yang Anda beli memiliki rasa yang asam.

Kulit jeruk renyah saat dikupas

Umumnya kulit jeruk yang masih segar teksturnya akan keras dan kencang. Hindari memilih jeruk dengan kulit yang sudah layu atau tampak kusam. Tekstur kulit yang renyah ini bisa dirasakan ketika Anda mengupasnya, jeruk yang segar akan dengan mudah dikupas dan dibelah. [end/okz]

MOST POPULAR