POST DETAIL

Rabu, 22 Juli 2015 - 16:00

Makanan-Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Lagi

MataWanita.com - BEBERAPA orang mengatakan makanan yang tidak habis disantap, bisa dihangatkan kembali sebelum akhirnya disantap. Ternyata hal ini tidak berlaku untuk semua jenis makanan.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan dan disantap kembali.

Olahan ayam

Makanan olahan ayam akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika Anda memanaskan olahan ayam dan kemudian menyantapnya. Kandungan protein dalam ayam akan mengubah komposisi alaminya dan tentu akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda. Cara menyiasatinya agar tak perlu memanaskan masakan olahan ayam yakni, Anda cukup memasak ayam dalam jumlah secukupnya agar ayam bisa habis dalam hari yang sama ketika diolah.

Buah bit

Jika buah bit dipanaskan secara beulang kali maka kandungan nitrat dalam buah bit akan hilang. Jika olahan buah bit yang sudah dibuat sehari sebelumnya tidak habis, maka alternatif cara menyimpannya yakni dengan meletakkan olahan buah bit dalam lemari es dan cukup mendiamkan dalam suhu ruang selama beberapa saat sebelum mulai menyantapnya.

Jamur

Jamur sebaiknya memang dikonsumsi dalam keadaan segar dan tidak boleh dipanaskan. Kandungan protein dalam jamur akan berubah dan menjadi berbahaya jika jamur dikonsumsi setelah dipanaskan ulang. Selain berbahaya, tentu saja jamur sudah tidak memiliki aroma, rasa maupun tekstur yang enak.

Olahan telur

Telur rebus atau telur dadar memang nikmat disantap dalam keadaan segar atau baru diolah. Karena olahan telur akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi setelah dilakukan pemanasan secara berulang. Kandungan protein telur akan baik jika dikonsumsi dalam keadaan segar, dan sebaliknya, akan berubah menjadi racun ketika dikonsumsi setelah dipanaskan. Jadi buatlah olahan telur yang segar jika ingin menikmati telur yang lezat dan juga berkualitas.

Bayam

Sayur bayam tidak boleh lagi dikonsumsi jika sudah melebihi waktu 4 hingga 5 jam setelah diolah. Maka akan sangat berbahaya juga jika sayur bayam dipanaskan untuk kemudian dikonsumsi. Kandungan zat besi yang sangat tinggi pada bayam akan teroksidasi jika terlalu lama terkena udara, hal inilah yang akan menyebabkan bayam menjadi beracun jika tetap dimakan. [end/okz]

MOST POPULAR