POST DETAIL

Rabu, 24 Juni 2015 - 16:00

Yuk Berburu Menu Buka Puasa ke Tempat Favorit Warga Jakarta

MataWanita.com - Momen berbuka puasa bisa jadi salah satu momen paling ditunggu di bulan Ramadhan. Aneka menu bercita rasa manis dan menyegarkan umumnya dijadikan pilihan masyarakat untuk membatalkan puasanya. Bagi yang tak sempat atau mungkin malas untuk membuat sendiri aneka menu berbuka, berikut tempat-tempat favorit untuk berburu menu buka puasa di sekitar kawasan Jakarta.

Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

Area Bendungan Hilir tentu sudah tidak asing lagi untuk dijadikan sasaran utama pencarian menu buka puasa bagi warga Jakarta khususnya para pekerja di daerah Sudirman-Thamrin. Sekitar pukul 17.00 kawasan ini mulai dipadati oleh pembeli. Menu makanan dan minuman yang ada di sini terhitung lengkap mulai dari jajanan kecil, seperti lemper, gorengan, serta aneka kue.

Tak lupa kolak, bubur sumsum, candil, es blewah, es duren serta aneka minuman segar lain juga ada. Bagi yang ingin mencari makanan berat, aneka menu mulai dari sate padang, soto madura, pempek palembang, hingga nasi kebuli juga dijajakan di kawasan ini.

Rawamangun, Jakarta Timur

Kawasan Rawamangun juga menjadi sasaran para pedagang menjajakan menu berbuka puasa. Para pedagang berjajar mulai dari Jalan Pegambiran, Jalan Perserikatan, hingga Jalan Paus. Namun, keramaian nampak terpusat di depan Pasar Rawamangun.

Aneka panganan mulai dari makanan manis untuk berbuka, seperti kolak dan bubur sumsum, es buah segar, serta es cendol durian tampak digemari oleh pembeli. Ada juga pedagang yang menawarkan sayuran dan lauk pauk, mulai dari ayam bakar, ikan goreng, rendang, hingga makanan Jepang.
 
Jalan Panjang, Jakarta Barat

Terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jalan Panjang jadi salah satu lokasi untuk berburu makanan untuk berbuka puasa yang ramai dikunjungi. Barisan pedagang berjajar menawarkan aneka dagangannya mulai dari biji salak, kolak pisang, kue lupis, serta aneka gorengan seperti risoles dan juga pastel. Dengan harga yang terjangkau, maka tak jarang kemacetan kerap terlihat di Jalan Panjang tiap sore di bulan Ramadhan.

Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat

Bagi yang ingin berbuka dengan makanan khas Minang, lokasi ini patut untuk disambangi. Sepanjang jalan, para pedagang menjajakan makanan khas Minang, mulai dari lauk pauk, sayur, hingga lemang tapai. Aneka kue khas Minang serta bubur kampiun jadi jajanan yang paling laris dibeli di bulan Ramadhan. Para pengunjung biasa memadati lokasi ini mulai pukul 14.30 hingga 23.00 malam.

Jalan Soka, Jakarta Utara

Jalan Soka yang berada di Kelurahan Rawabadak Utara, Kecamatan Koja turut jadi pilihan para pemburu takjil di kawasan Jakarta Utara. Aneka rupa masakan mulai dari kolak, bubur kacang hijau, ongol-ongol serta aneka lauk-pauk bisa dibeli di sini. [end/kom]

MOST POPULAR