POST DETAIL

Rabu, 10 Juni 2015 - 11:15

Ingin Kulkas Anda Kinclong? Ikuti Tips Ini...

MataWanita.com - Anda mungkin tidak menyadari betapa kotornya kulkas Anda. Ketika melihat bekas-bekas makanan berserakan di rak kulkas, inilah saatnya untuk membersihkan kulkas.

Untuk membersihkan lemari es atau kulkas memang membutuhkan kerja keras. Namun, ternyata prosesnya tidak serumit yang dibayangkan.

Sebelum memulainya, siapkan terlebih dulu beberapa peralatan yang Anda perlukan:

- Spons
- Semprotan pembersih serbaguna
- Sabun cuci piring
- Handuk kecil/lap
- Sikat gigi bekas

Instruksi:

1. Cabut aliran listrik kulkas

Jika kulkas Anda membutuhkan waktu cukup lama untuk digosok secara menyeluruh, atau rak tidak bisa dilepas, pastikan Anda telah memutuskan aliran listrik sehingga energi tidak terbuang percuma.

2. Kosongkan kulkas

Keluarkan semua makanan dan minuman dari kulkas, lalu letakkan di meja. Pisahkan dan buang makanan atau minuman yang sudah kadaluwarsa atau membusuk.

3. Lepaskan rak atau laci

Keluarkan setiap elemen di dalam kulkas Anda selagi bisa. Hal ini memudahkan Anda membersihkan seluruh bagian kulkas.

4. Cuci dalam air hangat bersabun

Cuci bagian-bagian kulkas menggunakan spons atau kain lembut di wastafel dengan air hangat bersabun. Bilas dan diamkan hingga kering.

5. Bersihkan bagian dalam kulkas

Semportkan setiap bagian dalam kulkas dengan pembersih. Seka bagian tersebut menggunakan lap. Pastikan untuk menyeka bagian bawah rak, sudut-sudut, dan segel pintu karet.

Gunakan spons untuk menghapus bagian-bagian yang lengket atau tumpahan makanan atau minuman. Gosok bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan sikat gigi bekas.

6. Masukkan kembali rak dan laci

Jika sudah kering, masukkan kembali rak dan laci yang telah Anda bersihkan sebelumnya.

7. Usap bawah stoples atau botol

Sebelum Anda meletakkan makanan atau minuman kembali ke dalam kulkas, lap terlebih dahulu bagian bawah setiap stoples, botol, atau piring dengan kain yang lembab.

8. Colok aliran listrik kulkas

Setelah semuanya siap, colok aliran listrik kulkas. Pasang temperature sesuai kapasitas dan daya listrik yang dibutuhkan kulkas Anda.

9. Bersihkan eksterior kulkas

Bersihkan bagian luar kulkas Anda menggunakan kain basah yang telah direndam dengan air sabun. Keringkan segera dengan handuk tipis, atau kain. [end/kom]

MOST POPULAR