POST DETAIL

Jumat, 29 Mei 2015 - 10:00

Enam Hal yang Bikin Kopi Semakin Nikmat

MataWanita.com - MENYEDUH kopi bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan dilakukan ketika menyeduhnya.

Jika ingin membuat secangkir kopi yang nikmat, lakukan hal berikut ini, sebagaimana dilansir Thrillist, Kamis (28/5/2015).

Giling kopi dengan benar

Tiap orang memiliki selera sendiri akan cita rasa minuman kopi. Perlu diketahui, jika biji kopi asal dihaluskan saja, maka akan berpengaruh pada cita rasanya. Untuk itu haluskan biji kopi dengan tingkat tertentu agar cita rasanya sesuai dengan selera.

Bubuk kopi kasar akan menghasilkan karakter rasa yang optimal jika diseduh. Bubuk kopi halus juga memiliki cita rasa berbeda dengan yang kasar. Begitu juga dengan bubuk kopi yang tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus akan memberikan kenikmatan tersendiri.

Gunakan air bersih

Secangkir kopi yang nikmat, terdiri dari 99 persen air. Jika Anda menggunakan air berkualitas buruk, tentu saja akan berpengaruh pada cita rasa kopi.

Gunakan suhu yang tepat

Suhu air yang tepat tentu akan berpengaruh pada cita rasa kopi. Saat menyeduh kopi, idealnya gunakan air panas pada suhu 90-94 derajat Celcius. Banyak orang mengatakan, bahwa semakin airnya panas maka akan semakin baik. Padahal hal ini tentu saja tidak tepat. Jika tidak memiliki termometer, ada cara lain mengetahui suhu yang tepat. Misalnya adalah setelah air mendidih, angkat dan diamkan sekira satu menit sebelum dituang ke dalam gelas.

Simpan biji kopi dengan benar

Langkah mudah membuat kopi yang nikmat adalah haluskan biji kopi sebelum digunakan. Ketika biji kopinya masih tersisa, simpan dengan benar agar tidak mengubah rasa. Menyimpan biji kopi dengan benar adalah dengan hindari dari panas dan cahaya, tutup rapat wadahnya, lalu hindari kelembaban dan jangan disimpan terlalu lama. [end/okz]

 

MOST POPULAR