POST DETAIL

Rabu, 20 Mei 2015 - 14:00

Dua Cara Menikmati Kelezatan Mi Soba

MataWanita.com - BERBEDA dengan ramen dan udon yang biasa disajikan dalam keadaan hangat, mi soba bisa dinikmati dalam dua cara, yakni keadaan panas dan dingin.

Dua cara dalam menikmati soba juga sudah dilakukan masyarakat Jepang sejak dulu. Yang membedakannya adalah, jika soba panas disajikan langsung dicampur dengan dashi atau kuah pelengkap soba, sedangkan soba dingin disuguhkan secara terpisah antara dashi dan juga minya.

"Sebenarnya dashi sebagai pelengkap soba, basic-nya sama. Cuma takaran bumbu untuk dashi yang dicampurkan di dalam kedua jenis soba ini berbeda," jelas Kazutaka Sainoki, Director Overseas Operation Department, di Plaza Senayan, Jakarta.

Mi soba panas sering kali disuguhkan dalam satu mangkuk yang dicampur dengan dashi hangat yang juga dapat menghangatkan tubuh. Sedangkan mi soba dingin kerap disuguhkan dalam wadah atau piring bambu yang kuahnya disajikan terpisah, tentu akan terasa lebih segar di mulut dan tenggorokan.

Ketika menikmati dua jenis soba ini tentu akan merasakan sensasi berbeda. Mi soba dingin sangat cocok dinikmati saat cuaca panas, sedangkan soba panas, nikmat disantap saat musim dingin.

Meski memiliki karakteristik yang berbeda, soba merupakan salah satu sajian khas Jepang yang tersedia di semua musim. Jadi ketika Anda pergi ke Jepang, tak perlu repot mencari jika ingin merasakan sensasi kelezatan soba.

"Makanan ini bukanlah musiman. Di semua musim sajian ini cocok disantap dan selalu ada," pungkasnya. [end/okz]

MOST POPULAR