POST DETAIL

Selasa, 19 Mei 2015 - 17:30

Tips Menyimpan Jahe yang Mudah

MataWanita.com - SEBAGAI salah satu bumbu dapur yang menghasilkan aroma dan rasa khas, jahe kerap digunakan saat mengolah masakan ataupun minuman. Agar awet ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyimpan jahe.

Berikut dilansir dari Wikihow, beberapa tips cara menyimpan jahe agar bisa bertahan lebih lama, Senin (18/5/2015).

Jahe utuh

Tidak seperti bawang merah atau bawang putih yang penggunaannya cukup banyak, jahe terkadang hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Jika Anda ingin menyimpan bagian jahe yang belum terpakai Anda bisa membekukannya dalam freezer agar jahe Anda bisa bertahan lebih lama. Cara menyimpannya cukup mudah, sebelumnya Anda harus memastikan jika jahe sudah dalam keadaan bersih dan kering. Bungkus jahe menggunakan kertas aluminium foil hingga tertutup rapat, kemudian masukkan dalam kantong plastik. Simpan dalam freezer hingga beku, jika Anda ingin menggunakannya maka cukup keluarkan dan biarkan jahe beberapa saat dalam suhu ruang.

Jahe iris

Jika Anda ingin cara yang lebih praktis, irislah jahe sebelum disimpan. Kupas jahe hingga bersih kemudian potonglah menjadi bentuk yang lebih kecil. Anda bisa memotong dengan bentuk bulat ataupun dengan bentuk memanjang seperti korek api. Setelah dipotong, Anda bisa memasukkan potongan jahe ini kedalam kantong plastik kedap udara. Sebelum dimasukkan dalam freezer sebaiknya keluarkan dahulu udara yang terperangkap di dalam plastik. Potongan jahe ini bisa Anda gunakan ketika dibutuhkan.

Jahe parut

Terkadang jahe berguna untuk mengurangi bau amis yang dihasilkan oleh ikan atau seafood, beberapa orang menggunakan jahe parut untuk memarinasi. Jika Anda ingin memiliki stok jahe parut yang bisa digunakan dengan cepat, sebaiknya gunakan cara ini untuk menyimpannya. Jahe yang akan diparut sebaiknya dicuci dan dikupas hingga bersih. Kemudian parut hingga halus, setelah itu cetak jahe parut menggunakan sendok sambil dipadatkan. Tata di atas loyang datar kemudian bekukan dalam lemari es, jika sudah beku maka keluarkan dan pindahkan ke dalam wadah kedap udara. Simpan kembali dalam freezer. Cara ini bisa membuat jahe parut Anda bertahan lebih lama, setidaknya selama enam bulan. [end/okz]

 

MOST POPULAR