POST DETAIL

Rabu, 22 April 2015 - 13:30

Jangan Sembarang Wadah Plastik Masuk ke Microwave

MataWanita.com - Selain menghangatkan atau memanggang makanan, microwave juga berfungsi untuk mematikan kuman yang ada pada perabotan Anda. Pasalnya, microwave ini menghasilkan pancaran radiasi elektromagnetik yang dapat bereaksi untuk mengurangi kelembaban dan efek pemanasan.

Namun, perlu diperhatikan saat menggunakan microwave. Beberapa makanan atau perabotan berikut jangan pernah dipanaskan dengan microwave jika tidak ingin merusak rasa dan juga perabotan kesayangan Anda. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Thedailymeal, Rabu (22/4/2015).

Air

Jangan pernah merebus secangkir air dalam microwave. Hal ini tidak akan membuat airnya mendidih sempurna. Bahkan, bisa jadi membahayakan karena letupan air yang mendidih bisa saja tiba-tiba tumpah dan mengenai wajah atau tangan ketika diambil.

Roti

Ketika menyimpan roti, sebaiknya jangan simpan roti di dalam microwave meski alatnya tidak diaktifkan. Pasalnya, kelembaban roti bisa hilang dan membuatnya keras, dan cepat basi. Ketika hendak disimpan, sebaiknya keringkan atau panggang roti lebih dulu di dalam microwave selama beberapa menit. Setelah itu, simpan di dalam wadah tertutup, bukan microwave yang jadi wadah penyimpanan.

Spons

Spons merupakan perabotan cuci piring yang sangat rentan dihinggapi kuman dan bakteri. Salah satu cara untuk mensterilkan kembali adalah dengan memanaskannya dalam microwave. Tapi waktu ideal memanaskan spons tidak boleh lebih dari 30 menit. Jika lebih dari itu, spons bisa terbakar atau meleleh dan merusak microwave kesayangan Anda.

Plastik

Beberapa perabotan yang terbuat dari plastik memang aman jika dijadikan sebagai wadah saat menghangatkan makanan. Namun pastikan selama wadah plastik itu memiliki label dan sudah microwave-safe. Jika Anda sembarangan menghangatkan makanan bersama wadah plastik yang tidak aman. Bisa-bisa plastiknya akan meleleh dan mencemari makanan Anda. Tentu akan jadi sangat berbahaya jika tertelan. [end/okz]

MOST POPULAR