POST DETAIL

Jumat, 17 April 2015 - 14:00

Kuliner di Bandung Wajib Anda Cicipi

MataWanita.com - Bandung, Jawa Barat, dikenal sebagai pusatnya kuliner lezat yang sering dikunjungi mereka yang sengaja ingin memanjakan lidah. Selera makan Anda akan dibuai manja dengan apa yang ditawarkan di Kota Kembang ini.Berbagai jenis kuliner mulai dari camilan hingga makanan berat banyak tersaji di Bandung. Bahkan bisa dikatakan Bandung memiliki banyak kuliner unik. Dilansir dari IndonesiaTravel, berikut beberapa kuliner bandung yang wajib Anda cicipi saat bertandang ke Bandung, Jumat (17/4/2015).

Nasi timbel

Suku Sunda adalah suku yang paling dominan mengisi kota Bandung. Sebagai suku Sunda mereka menganggap makanan akan terasa hambar apabila tidak disertai dengan pelengkap berupa sambal. Begitu pula dengan sajian nasi yang satu ini, nasi timbel adalah nasi yang disajikan dengan bungkus daun pisang yang selalu tersaji dengan sambal dadakan yang bercitarasa pedas gurih.

Nasi timbel ini biasa disantap bersama dengan ayam goreng atau ayam bakar, gepuk serta beberapa pelengkap lainnya seperti tahu dan tempe goreng. Tidak ketinggalan sayuran mentah atau lalapan seperti mentimun, tomat, daun kemangi, terong, kol dan selada. Di Bandung banyak rumah makan yang menyajikan menu ini, biasanya rumah makan tersebut memiliki konsep lesehan.

Batagor

Orang Sunda terutama Bandung memiliki makanan khas yakni batagor. Makanan ini terbuat dari tahu yang diisi dengan adonan berbahan dasar ikan, ikan yang biasa digunakan yakni ikan tenggiri. Daging ikan tenggiri yang telah dilumatkan ini dicampur dengan tepung tapioka dan diuleni hingga menjadi adonan. Adonan yang sudah jadi kemudian dimasukkan ke dalam tahu dan digoreng dalam minyak banyak dan panas.

Batagor disajikan dengan siraman saus kacang, kecap manis dan sedikit perasan jeruk nipis. Di Bandung, sajian ini banyak dijajakan dipinggir jalan dan tidak sulit untuk menemukannya karena hampir tersedia di setiap jalan di Bandung. [end/okz]

MOST POPULAR