POST DETAIL

Kamis, 16 April 2015 - 15:30

Nih Empat Teknik Masak Patut Anda Tahu

MataWanita.com - Beberapa orang bisa memasak dengan buku resep sebagai panduan. Apapun jenis olahan masakan yang Anda buat, sebaiknya kenali beberapa teknik memasak agar Anda tidak bingung saat sudah berada di dapur. Teknik memasak sederhana yang sudah biasa dikenal antara lain adalah merebus, menumis, atau menggoreng.

Tapi teknik memasak tidak hanya itu saja, ternyata banyak lagi teknik memasak yang harus Anda ketahui. Seperti dilansir dari Thedailymeal, Rabu (14/4/2015) berikut teknik memasak lainnya.

Blanch

Teknik memasak ini terdiri dari dua langkah yang cukup sederhana. Teknik ini biasa digunakan untuk mendapatkan sayuran yang lunak namun tetap memiliki warna yang cerah. Caranya yakni dengan merebus air sampai mendidih, kemudian masukkan sayuran yang ingin direbus. Cukup diamkan beberapa saat hingga sayuran agak melunak, setelah itu celupkan sayuran ke dalam air yang sudah diberi es batu. Cara ini bisa menghentikan proses pemanasan pada sayuran sehingga warnanya tetap terlihat cerah dan segar.

Braise

Braising adalah teknik memasak secara perlahan dalam waktu yang cukup lama. Teknik ini sering diterapkan untuk mengolah daging. Braising berfungsi untuk melunakkan tekstur daging serta membuatnya memiliki rasa yang lebih kuat. Braising biasanya dimulai dengan memasak daging menggunakan api cukup besar, hingga daging berubah warna. Kemudian api dikecilkan, serta masakan diberi bumbu dan cairan yang cukup banyak hingga menutupi daging. Proses ini terus dilakukan hingga cairan mulai berkurang dan tekstur daging menjadi empuk.

Double-pan

Double pan adalah teknik mengolah bahan makanan dengan cara menggunakan dua buah panci yang ditumpuk. Satu panci yang diletakkan di bawah biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada panci yang di bagian atas. Panci di bawah diisi dengan air sedangkan panci bagian atas diisi dengan bahan makanan yang akan diolah. Teknik seperti ini digunakan untuk melelehkan cokelat atau membuat karamel.

Flambé

Jika Anda biasa melihat seorang chef memasak dengan api yang menyala di atas wajan, inilah yang disebut dengan flambé. Cara ini biasa digunakan untuk mengolah berbagai jenis makanan. Bahan masakan yang biasanya ditumis kemudian diberi sedikit alkohol dan dimasak menggunakan api yang besar. Anda harus berhati-hati saat mengolah menggunakan teknik ini, sebaiknya jauhkan wajah dari wajan karena api akan menyembul keluar ke atas wajan. [end/okz]

MOST POPULAR