POST DETAIL

Selasa, 14 April 2015 - 15:30

Kenali Ciri-Ciri Ayam Tidak Berformalin

MataWanita.com - Ada saja pedagang nakal yang mencampurkan formalin ke dalam barang dagangannya. Hal tersebut dilakukan guna mengurangi tingkat resiko jika barang dagangannya tidak laku.

Kasusnya sering kali formalin ditemukan dalam ayam potong. Tentu masyarakat sangat khawatir akan hal ini. Runner up MasterChef Indonesia musim pertama, Agus Sasirangan bersedia memberikan tipsnya bagaimana cara memilih ayam potong yang tidak berformalin.

Tampilan

Ayam potong yang segar tentu warnanya tidak pucat dan kebiru-biruan. Begitu juga warna dagingnya, jika cenderung mengilap sebaiknya jangan dipilih.

Untuk ayam yang tidak dihinggapi lalat, sudah seharusnya Anda mencurigai. Pasalnya, serangga apapun tidak akan hinggap pada sesuatu yang mengandung bahan kimia.

Tekan Lembut

Saat memilih daging ayam yang bebas formalin. Anda bisa mengenalinya dengan menekan lembut daging ayam potong.

Ayam segar bebas formalin memiliki tekstur yang kesat dan tidak licin. Begitu juga dengan dagingnya akan terasa kenyal cenderung empuk ketika ditekan. Pasalnya daging yang sudah bercampur formalin akan terasa sangat kenyal.

Aroma

Daging ayam segar sudah seharusnya memiliki aroma daging segar. Sedangkan ayam berformalin memiliki bau khas formalin yang seperti bau bahan kimia. [end/okz]

MOST POPULAR