POST DETAIL

Kamis, 2 April 2015 - 16:30

Telur Lambang Kesuburan saat Paskah

MataWanita.com -  Dalam perayaan Paskah, telur sering kali tersaji baik untuk dihidangkan atau pun sebagai hiasan. Tapi tidak sekadar cantik dan menarik, telur paskah memiliki makna tersendiri bagi umat yang merayakannya. Salah satunya telur paskah dipilih sebagai sajian khas karena telur memiliki simbol kesuburan.

Berikut beberapa fakta mengenai telur paskah, sebagaimana dikutip laman Thedailymeal, Kamis (2/4/2015).

Sebuah hadiah besar

Pada zaman dahulu, Raja Edward dari Inggris pernah memerintahkan untuk menyiapkan 450 butir telur yang dicelup dan dihiasi dengan emas. Hal tersebut dimaksudkan sebagai hadiah dalam perayaan Paskah.

Telur paskah melambangkan kesuburan

Selama Paskah, telur panggang atau telur rebus sering kali disajikan. Rupanya hal itu memiliki makna tersendiri bagi yang merayakannya. Selain melambangkan kebangkitan Yesus Kristus, telur ini juga memiliki makna kesuburan.

Telur bukan hanya untuk Paskah

Biasanya, telur yang dilukis akan selalu ada dalam perayaan Paskah. Namun, hal tersebut tidak hanya dikhususkan untuk perayaan Paskah saja. Selama Nowruz, atau perayaan Iran kuno juga menandai perayaan tahun baru dengan telur yang dilukis juga. Telur dilukis ini juga melambangkan kesuburan bagi yang merayakannya.

Telur merah punya makna tersendiri

Telur paskah yang diwarnai dengan warna merah memiliki arti yang sangat penting. Menurut teori yang ada, telur merah merupakan lambang kebangkitan Kristus. Pasalnya, teori lain mengenai Kristen di Eropa mengatakan, bahwa Maria, Ibu Yesus, mengunjungi tubuh-Nya di penyaliban, ia membawa sekeranjang telur dan darahnya tumpah di telur tersebut. Sehingga telur berwarna merah ini memiliki makna penting dalam perayaan Paskah.

Ada tradisi balap telur

Selain kerohanian, telur yang disajikan dalam perayaan Paskah juga sering kali diikut sertakan dalam kegiatan menyenangkan. Seperti mencari telur hias yang sudah disembunyikan, sampai lomba balap telur, dengan menggulingkan telurnya sampai ke titik tertentu. Beberapa teori menyebutkan, balap telur ini mewakili batu yang bergulir terbuka untuk mengungkapkan makan Yesus yang kosong setelah kebangkitan-Nya. [end/okz]

MOST POPULAR