POST DETAIL

Selasa, 31 Maret 2015 - 13:00

Dipanggang, Makanan Tak Boleh Sering Dibolak-Balik

MataWanita.com - Dipanggang, menjadi salah satu metode mengolah makanan yang banyak dipilih agar cita rasa makanan semakin lezat. Tapi makanan dipanggang tidak boleh sering dibolak-balik.

Berbagai teknik pengolahan memiliki cara dan prosesnya masing-masing yang tentu saja berbeda satu sama lain. Teknik pengolahan dengan cara dipanggang memiliki cara penanganannya sendiri.

Saat membuat makanan dengan teknik dipanggang seperti steik atau barbeku, makanan hanya boleh sekali dibalik. Hal ini dibenarkan Harold McGee, seorang penulis dan pemerhati ilmu makanan. McGee mengatakan membalik makanan memang dibutuhkan agar makanan matang dengan merata di semua sisinya.

Namun khusus untuk masakan yang dipanggang, tidak boleh sering dibolak-balik, melainkan cukup membaliknya sekali saja. Jika satu sisi bahan makanan sudah cukup matang, baru balik ke sisi lainnya dan masak hingga tingkat kematangan yang diinginkan.

Sebaliknya, menurut McGee, jika makanan terlalu sering dibolak-balik maka setelah matang makanan akan memiliki tekstur keras dan tingkat kematangannya justru tidak merata.

“Setiap sisi bahan makanan membutuhkan waktu untuk menyerap panas dan memprosesnya hingga matang, jika terlalu sering dibolak-balik maka sisi makanan akan kehilangan panas padahal belum matang,” pungkas McGee. [end/okz]

MOST POPULAR