POST DETAIL

Selasa, 17 Maret 2015 - 19:00

Mau Bikin Salmon Teriyaki? Ini Resep dan Cara Buatnya

MataWanita.com - Rasa sausnya dengan sentuhan manis yang khas membuat apa pun yang dimasak dengan tehnik Teriyaki ini selalu digemari para pencinta kuliner Jepang.

Teriyaki sebenarnya adalah tehnik memasak di mana bahan makanan direndam dulu dalam bumbu perendam sejenis kecap manis (disebut ‘tare’), lalu kemudian dipanggang atau dibakar. Biasanya ‘tare’ merupakan campuran dari kecap asin, sake atau mirin, serta gula atau madu. Kandungan gula dalam ‘tare’ inilah yang menghasilkan kesan mengkilat pada masakan, dan disinilah istilah ‘teriyaki’ berasal, yaitu ‘mengkilat’ (teri) dan ‘bakar atau panggang’ (yaki).

Walaupun banyak ‘saus teriyaki’siap pakai yang dijual di supermarket, seruu juga bila mencoba mengolahnya sendiri. Sebagai menu makan siang atau makan malam, tidak ada salahnya mencoba resep ‘Salmon Teriyaki’ yang mengandung protein tinggi, serta kaya Omega-3 dan vitamin D ini.

Bahan:
2 fillet Salmon (siap pakai dari supermarket)

Saus Teriyaki:
½ cangkir kecap asin
¼ cangkir mirin
2 sendok makan gula
2 sendok makan madu
1 sendok makan air jeruk nipis
1 sendok makan minyak wijen
¼ sendok teh dashi (bila ada)
150 ml air panas
Merica secukupnya untuk melumuri salmon
Garam secukupnya untuk melumuri salmon

Cara membuat:
1.    Campur semua bahan saus teriyaki. Aduk rata. Sisihkan.
2.    Bumbui salmon dengan garam dan merica. Diamkan sekitar 30 menit. Sisihkan.
3.    Panaskan wajan anti lengket tanpa minyak. Goreng setiap sisi salmon hingga kulitnya kering dan ikan berubah warna.
4.    Tuang saus teriyaki di atas salmon, masak dengan api sedang.
5.    Gunakan sendok sayur, ambil saus dalam wajan dan siram-siramkan pada salmon. Lakukan terus hingga saus mengental dan ikan matang.
6.    Sajikan panas sebagai teman makan nasi.  

Catatan:
•    Mirin merupakan bumbu penting yang digunakan dalam masakan Jepang, yang mengandung alkohol sekitar 14% dan gula sebanyak 40%-50%, berbentuk cairan dan dijual dalam kemasan botol.  
•    Dashi adalah bumbu kaldu dasar untuk masakan Jepang yang terbuat dari kombu (sejenis rumput laut) dan katsuobushi (sejenis makanan awet dari ikan cakalang). Dashi biasanya berupa bubuk dan digunakan sebagai penyedap masakan. [end/sru]

MOST POPULAR