POST DETAIL

Senin, 16 Maret 2015 - 17:15

Horee..Permainan Anak Tradisional Makassar Hidup Kembali

MataWanita.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar mengangkat kembali kekayaan budaya permainan tradisional Makassar.

Caranya dengan melalui gelaran Festival Anak Lorong (Gang) yang akan digelar Maret hingga Mei mendatang.

"Festival ini mengangkat permainan tradisional, karena kalau dilihat saat ini, anak-anak telah melupakan permainan tradisional yang sifatnya untuk gotong royong dan silaturahmi," kata Kepala Disparekraf Kota Makassar, Rusmayani Madjied di Makassar.

Saat ini, anak-anak lebih banyak bermain game yang justru menjadikan mereka pribadi yang cenderung individualistis dan egois.

"Kenapa sering terjadi perkelahian, karena anak-anak sudah tidak memiliki rasa untuk berempati dengan teman-temannya," ujarnya.

Saat konfersi pers untuk memperkenalkan ragam permainan tradisional ini kepada anak-anak. Beberapa permainan yang akan dilombakan dalam festival tersebut diantaranya permainan "dende", "asing-asing", lompat tali, "mallongga" dan sebagainya.

Festival Anak Lorong ini akan diselenggarakan di empat titik, antara lain di Fort Rotterdam, Makassar pada 22 Maret, Pelataran Masjid Al Markaz pada 5 April, Lapangan Kompleks BTP pada 26 April, dan di Lapangan Hertasning pada 17 Mei 2015.

Pemenang dari masing-masing titik akan diperlombakan di Makassar Traditional Festival yang akan berlangsung pada 7 Juni 2015.

Festival ini juga diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke "kota daeng angin mamiri". [end/kom]

MOST POPULAR