POST DETAIL

Selasa, 10 Maret 2015 - 12:30

Tips Memilih Untuk mengatasi agar Terhindar dari Pedagang Curang

MataWanita.com - Panen durian di Kecamatan Wonosalam tak jarang dimanfaatkan penjual durian yang 'nakal'. Mereka menjual durian yang belum matang alias bukan masak pohon yang rasanya hambar.

Untuk mengatasi ulah oknum nakal berikut tips untuk memilih durian yang baik agar konsumen tidak tertipu. Memilih durian bisa dilihat dari ciri - ciri fisiknya, di antaranya baunya yang menyengat, sedangkan untuk menentukan rasa bisa dilihat dari aroma. Bila pahit dari aromanya pun pahit, begitu pula dengan yang manis. 

"Memang butuh pengalaman untuk memilih buah durian. Karena sekarang banyak penjual nakal yang menjajakan dagangannya. Mulai dari yang tidak masak pohon, hingga bukan durian asli Wonosalam," ujar Sulami yang sudah berjualan durian sejak 22 tahun yang lalu.

Sulami menambahkan di tempatnya berjualan pembeli cukup meminta jenis durian dan rasa apa. "Di sini macam-macam durian ada pembeli cukup meminta saja mau rasa apa, manis-pahit, manis-gurih, mentega, atau jenis stroberi," imbuhnya.

Masih menurut Sulami, jika ada pembeli yang kecewa terhadap dagangannya dia bersedia menganti dengan durian yang lain. "Satu hari setelah pembelian bisa ditukar jika rasa durian hambar atau tidak matang, dan bisa dicoba di tempat. Istilahnya kalau enggak cocok, bisa balik Mas," pungkasnya. [end/ant]

MOST POPULAR