POST DETAIL

Senin, 2 Maret 2015 - 07:00

Temani Pagi Anda dengan Menyantap Mendoan

MataWanita.com - Pernahkah anda mendengar kata "mendoan"? Mungkin bagi yang tak terbiasa berwisata kuliner tidak akan mengenal "mendoan". Kata mendoan dianggap berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Bahan makanan yang paling sering dibuat mendoan adalah tempe dan tahu.

Tempe Mendoan adalah sejenis masakan tempe yang terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah. Secara tradisional di wilayah Banyumas, tempe yang digunakan untuk mendoan adalah jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus. Akan tetapi tempe mendoan juga dapat dibuat dari tempe biasa yang diiris tipis-tipis namun lebar.

Pastinya semua orang doyan sama tempe, apalagi tempe mendoan yang rasanya dahsyat. Enak banget dimakan anget-anget plus cabai rawit.

Berikut adalah Resep tempe mendoan,

Resep Bahan Tempe Mendoan :

* 100 gram tepung beras
* 1 sendok makan tepung terigu
* 2 batang daun bawang, iris halus
* 125 ml air
* 300 gram tempe, irir lebar tipis 10 x 15 cm
* minyak sayur secukupnya

Resep Bumbu Tempe Mendoan :

* 2 siung bawang putih
* 1 butir bawang merah
* 1 sendok teh ketumbar
* 2 sendok teh garam

Cara membuat Tempe Mendoan :

1. Haluskan Bumbu Tempe Mendoan.
2. Aduk tepung dengan bumbu yang dihaluskan, daun bawang dan air hingga rata.
3. Celupkan tiap potong tempe dalam adonan tepung. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga adonan tepung matang, tetapi tidak sampai kering. Angkat, tiriskan.
4. Sajikan. [end/sru]

MOST POPULAR