POST DETAIL

Rabu, 20 Agustus 2014 - 06:00

Biar Aman Saat Pakai Panci Tekan, Ini Caranya...

MataWanita.com - Panci tekan memang sering menjadi andalan banyak ibu-ibu untuk memasak. Tapi anda perlu ingat, penggunaan dan perawatan panci tekan harus dilakukan dengan cermat, karena kalau salah-salah pemakaian maka bisa berbahaya.

Dan berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan panci tekan yang aman:
 
1. Pakai panci tekan yang mempunyai 2-3 sistem pengaman. Biar bisa mengeluarkan uap dari dalam panci secara otomatis kalau tekanan di dalam panci melebihi batas aman.
 
2. Selalu jaga kondisi karet yang ada di tutup panci tekan agar panci tekan tetap kedap udara. Kalau karet sudah mulai usang dan tidak elastis maka ganti karetnya secara berkala.
 
3. Minimal pakai air satu cangkir saat memasak. Air yang terlalu sedikit tidak akan memproduksi cukup uap untuk memasak bahan makanan.
 
4. Isi panci tekan dengan air maksimal 2/3-nya atau maksimal hanya ½ ukuran panci. Jangan mengisi panci tekan terlalu penuh. 
 
5. Makanan yang mempunyai kadar gula tinggi seperti tomat, sebaiknya tidak diletakkan di dasar panci tekan, karena mudah gosong dan membuat aroma makanan yang dimasak jadi rusak. 
 
6. Sebelum membuka tutup panci tekan, pastikan kalau semua tekanan dan uap dari dalam panci telah dilepaskan. Jauhkan tangan dan wajah anda saat membuka panci tekan karena uap yang tersisa masih panas dan bisa melukai anda.
 
7. Biar terawat dan berfungsi dengan baik, maka ikuti dan perhatikan petunjuk pembersihan panci tekan anda. [r/flm]
 

MOST POPULAR